Sabtu, 04 Mei 2013

 Buat temen-temen yang sudah berkeluarga atau yang masih single dan berpenghasilan. mungkin mulai berfikir bagaimana caranya mengatur keuangan pribadi ataupun keluarga. Berikut ini saya akan menuliskan beberapa tips untuk mengatur keuangan pribadi agar tertata dengan rapih. :

Hitung pengeluaran bulanan.
  • Menghitung pengeluaran bulanan sangatlah penting. jangan melewati tahap ini karena dengan mendata dan menghitung pengeluaran bulanan, temen-temen akan jadi paham berapa dana yang temen temen butuhkan dalam satu bulan

Hitung Income Bulanan.
  • menghitung pemasukan bulanan berfungsi agar temen-temen bisa mengetahui berapa pemasukan dalam satu bulan ini, untuk bisa di bandingkan dengan pengeluaran temen-temen.

Menabung.
  • setelah temen temen membandingkan pemasukan dan pengeluaran dalam satu bulan. segeralah mulai menabung untuk kedepannya . selain untuk dana masa depan . tabungan juga berfungsi sebagai uang kepepet"dalam kondisi darurat". contoh . jika ada anggota keluarga  temen-temen sakit dan harus menginap di rumah sakit. disitulah uang kepepet akan sangat berguna.

Mengikuti Program Asuransi.
  • Mengikuti Program asuransi akan sangat bermanfaat jika di ikuti dengan tepat. jika temen-temen akan mengikuti program asuransi. hendaknya temen-temen perhatikan dulu apa yang sebaiknya di asuransikan. jangan sampai asuransi membebani keuangan temen-temen

Investasi.

  • Jika dana yang dimiliki temen temen sudah dirasa cukup. conalah untuk mulai berinvestasi. contohnya investasi emas dan properti bisa jadi pilihan dikarenakan resiko kegagalannya yang cukup kecil. jika temen temen berani untuk mengambil resiko yang lebih besar cobalah berinvestasi degnan bermain saham dan lain lain. intinya semakin besar resiko semaki banyak hasilnya.

Semoga membantu :D

0 komentar:

Posting Komentar